Tips Memilih Powerbank yang Bagus dan Berkualitas Untuk Dibeli

VersionFull : Tips memilih powerbank yang bagus dan berkualitas untuk dibeli | Smartphone di jaman sekarang memang bukan lagi menjadi barang mewah karena hampir setiap orang sudah memiliki. Dewasa ini kebutuhan smartphone terus meningkat di seluruh lapisan masyarakat. Seiring dengan itu, POWERBANK menjadi barang wajib bagi pemilik ponsel masa kini. Tak heran jika sekarang di pasaran banyak sekali tersedia powerbank dengan merk dan harga yang bervariasi.

Lalu, apa itu powerbank?
Sebagian besar orang sudah tahu apa itu powerbank. Dari kata-kata kita dapat menelaah bahwa powerbank merupakan alat yang dapat menyimpan daya (energi). Dimana daya tersebut dapat digunakan untuk alat yang lain. Misalnya smartphone, tablet, dan gadget sejenisnya. Sebenarnya powerbank sama dengan baterai yang dapat diisi ulang karena memang di dalam powerbank berisi baterai.

Setiap harinya sebagian dari kita tidak bisa lama-lama lepas dari gadget. Misalnya browsing, streaming, main game online, dan sebagainya. Terkadang kekuatan baterai gadget tidak seimbang dengan aktivitas yang kita lakukan. Alhasil kita membutuhkan daya tambahan. Salah satunya dengan menggunakan power bank. Power bank biasanya kita gunakan bila dalam perjalanan atau di suatu tempat yang tidak terdapat sumber listrik.
Baca : Cara Menghemat Baterai Sony Android 

tips-cara-memilih-powerbank-berkualitas-bagus

Kembali ke topik. Semakin banyaknya kebutuhan akan power bank, banyak produsen dan penjual power bank yang beredar dipasaran dengan bermacam-macam merk dan harga. Hal ini membuat banyak konsumen yang bingung untuk memilih produk power bank yang bagus. Hal itu pula yang membuat sebagian oknum produsen powerbank nakal berlaku curang dengan membuat power bank yang tidak berkualitas. Misalnya dengan menggunakan merk terkenal, memakai baterai yang tidak bagus kualitasnya, mencantumkan daya yang tidak sesuai dengan kenyataannya. 

Terkadang kita terkecoh dengan dua buah powerbank dengan kapasitas sama tapi kok harganya beda. Biasanya kita akan memilih yang lebih murah. Tapi pernahkan anda berpikir “Kenapa bisa begitu?” Powerbank memiliki daya sama bahkan lebih besar, malah harganya lebih murah? Ini perlu diwaspadai. Karena banyak kasus tertipu powerbank murah dengan kapasitas besar. Banyak forum yang membahas tentang cara memilih powerbank misalnya saja di forum Kaskus. Tapi disini sobat juga bisa kok, hehee..

Cara Memilih Powerbank yang Berkualitas

Sobat harus pintar dan benar dalam memilih powerbank karena salah-salah bisa berakibat fatal bagi gadget sobat sendiri. Bagaimana caranya memilih power bank yang berkualitas bagus sebelum membelinya? Berikut ini ada beberapa tips cara memilih power bank yang baik dan berkualitas.

Pilih Power bank dengan kapasitas daya sesuai kebutuhan
Usahakan sobat memilih power bank dengan daya  yang lebih besar jangan malah lebih kecil dari baterai gadget. Selain bisa digunakan beberapa kali, memilih daya power bank yang lebih besar daripada kebutuhan daya gadget akan membuat anda tidak perlu bolak – balik me –recharge power bank.

Perhatikan Cell (baterai) Power Bank
Powerbank yang bagus menggunkan baterai yang berkualitas bukan abal-abal. Misalnya saja Japan Cell, Samsung Cell, Sanyo Cell dll. Ditandai dengan berat dari powerbanknya. Bukannya baterai tanpa merk. Tapi namanya oknum nakal, apa saja bisa dikelabui. 

powerbank-penipu-isi-pasir


Hati-hati dengan kapasitas daya yang tertera pada powerbank
Ini adalah hal yangs sering terjadi pada sebagian pembeli powerbank. Mereka hanya terpaku pada tulisan daya yang besar, misalnya saja 100000 mAh. WOW aki mah kalah, padahal ukuran powerbank nya kecil. Tolong dipikirkan sejenak. Kalau tidak salah, 1 (satu) baterai dalam powerbak itu dayanya berkisar 1000 – 3000 mAh (kalau tidak salah). Anggap saja baterainya kualitasnya bagus sekitar 2500 mAh/baterai. Jika di powerbank tercantum 100000 mAh, maka isi dalam powerbank seharusnya ada 40 butir baterai. Nah loh.. tapi kok kebanyakan powerbanknya ukuranya gak segede itu ya. Mungkin suatu saat ada teknologi yang lebih modern, bisa saja hal itu terjadi. Intinya jangan terpengaruh dengan tulisan dalam kemasan, silakan dipikir dengan rasional, jika daya segini seharusnya powerbank berisi sekian baterai.   

powerbank-super-power

Melihat Harga Power Bank
Masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Harga powerbank yang murah itu patut diwaspadai. Ada kasus 2 buah powerbank sama daya tapi harga yang satu lebih murah? Kenapa? Bisa jadi kualitasnya jelek. Jadi kita pilih yang mahal? Itu juga belum menjamin sih. Tapi memang umumnya ada kualitas ada harga.

Pilihlah Power Bank dengan Fitur – Fitur Keamanan
Powerbank yang berkualitas baik akan memiliki fitur yang bagus pula. Misalnya dilengkapi dengan fitur “Short Circuit Protection”. Fitur tersebut melindungi power bank dan gadget yang sedang di charge jika terjadi arus pendek. Ada lagi fitur keamanan lainnya yaitu “Over Charging protection”. Ada kalanya kita suka kelupaan mengisi daya ponsel dengan power bank sampai ditinggal tidur semalaman. Fitur ini akan otomatis memutus aliran listrik jika pengisian sudah penuh. “Fitur powerbank high temperature protection” berfungsi sebagai pelindung gadgets dan meminimalisir panas ketika suhu panas mulai terdeteksi saat kita melakukan pengisian daya gadgets. Nah inilah mungkin salah satu alasan kenapa suatu powerbank memiliki harga lebih mahal dari yang lain yaitu dari fitur yang dimiliki.

Banyaknya Konektor Bukanlah Jaminan
Banyaknya konektor yang ada pada powerbank tidak menunjukkan powerbank tersebut berkualitas. Kadang hal tersebut hanya digunakan untuk menarik minak konsumen untuk membeli powerbank itu. Tidak jarang konektor yang multifungsi tersebut berkualitas kurang baik. sarankan untuk tetap menggunakan konertor original bawaan gadget saat mengisi baterai dengan power bank.

cara-memilih-power-bank

Minim Aksesoris Belum Tentu Jelek
Contohnya saja  Xiaomi powerbank, powerbank ini oleh sebagian pengguna dianggap salah satu powerbak yang berkualitas. Tapi hanya memberikan powerbank dan kabel data saja.

Melihat Tegangan Output Power Bank
Tegangan output powerbank itu sendiri mayoritas memiliki tegangan 1A atau 2A. Dengan tegangan tertentu akan menentukan lama atau tidaknya smartphone akan terisi.

Pilih Power Bank yang Kompatible dengan gadget kita

Dengan Melihat Garansi
Jika anda ingin membeli powerbank, pastikan terdapat garansi resmi dari pabrik minimal 1 tahun sehingga meyakinkan kita bahwa powerbank tersebut memiliki kualitas bagus. Garansi resmi juga menjadi salah satu indikator bahwa powerbank itu asli.

Hati-hati merk palsu
Banyak sekarang produsen yang mengatasnaman produk dengan merk terkenal padahal bohong. Usahakan pilih power bank yang original. Merk Powerbank yang bagus misalnya Sony, Asus ZenPower, Xiaomi, Yaobaoo, tapi yang original tentunya. Merk local juga banyak kok yang bagus.

Beli di Toko Terpercaya dan Ternama
Ini bisa jadi cara termudah untuk membeli powerbank yang berkualitas. Meskipun tidak menjamin 100% barang yang dijual bagus sih. Namun tidak semua dari kita dekat dengan sebuah toko terpercaya dan ternama. Alternatifnya kita beli secara online.
Baca : Cara mengecek toko online terpercaya

Setelah mengetahui tips memilih power bank yang bagus dan berkualitas di atas, semoga sobat lebih jeli dan teliti dalam membeli power bank.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan mengenai Tips memilih powerbank yang bagus dan berkualitas untuk dibeli. Semoga VersionFull.blogspot.com  sebagai blog berbagi informasi teknologi ini bermanfaat. Mohon  maaf  bila ada hal yang  masih kurang berkenan. Terima kasih telah berkunjung. Jangan lupa di SHARE.. Salam.




Tag : cara, tips triks
0 Komentar untuk "Tips Memilih Powerbank yang Bagus dan Berkualitas Untuk Dibeli"

Jangan cuma dibaca. Tinggalkan komentar juga dong.
Kritiklah tulisan saya tapi mohon beri saran agar lebih baik.
Spam tidak akan direspon.
Bila kesulitan dalam mengirim komentar, tekan tombol "tab" di keyboard beberapa kali agar muncul tombol PUBLISH.

Back To Top