banner ads

Ada 6 Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop Windows maupun PC

Cara Mengaktifkan Wifi di Komputer Windows | Baru pertama kali memiliki laptop dan belum tahu cara menghidupkan wifi? Apapun alasannya sahabat telah datang kesini tentunya ingin mengetahui cara mengaktifkan wifi di laptop Windows maupun PC atau komputer. Cara menghidupkan wifi di laptop ternyata banyak juga orang yang mencari tutorialnya, hal ini bisa dilihat dari tingkat pencariaanya di google. Oleh karena itu VersionFull.blogspot.com sebagai blog berisi tentang tutorial komputer dan smatphone ingin berbagi cara mengaktifkan wireless di desktop.

Untuk Anda yang ingin berselancar internet dan ingin memanfaatkan koneksi WiFi bisa dengan cara mengaktifkan Wifi di PC maupun Laptop. Cara menghidupkan Wifi di laptop mudah. Kebanyakan laptop sekarang ini sudah dilengkapi dengan adapter WiFi. Smartphone saja kini sudah dilengkapi fitur Wifi bahkan bisa jadi modem Hotspot.
Baca : Cara menjadikan android menjadi modem

Ingin mengaktifkan WiFi di komputer, namun belum tahu cara mudahnya? Atau terjadi wifi tidak terdeteksi di laptop atau  wifi laptop tidak berfungsi atau laptop tidak bisa connect wifi.  Jangan panik dulu, untuk itu simak penjelasan berikut tentang Cara Mudah setting WiFi di laptop.

cara-mengaktifkan-wifi-di-laptop-windows-pc

Inilah berbagai cara mengaktifkan WiFi di Windows 7, Windows 8, Windows 10 atau sistem operasi  lainnya mungkin sedikit berbeda.

Cara Menghidupkan Wifi di Laptop Windows



1.    Cara mengaktifkan WiFi Dengan Tombol WiFi di Laptop
tombol-wifi-di-laptopCara ini adalah yang lebih praktis ketika sahabat ingin mengaktifkan WiFi di laptop. Cara mengaktifkannya, sahabat cuma tinggal menekan tombol berlambang WiFi yang umumnya terdapat di bagian atas atau bawah papan keyboard. Bila lampu indikator menyala, itu menandakan WiFi sudah aktif dan untuk menonaktifkannya kembali, sahabat tinggal tekan lagi saja tombol WiFi tadi.
Sebagai catatan tidak semua laptop memiliki tombol tersebut. Jadi tombol WiFi hanya terdapat di beberapa jenis laptop tertentu.


2.    cara menghidupkan wifi di laptop dengan tombol fn
Anda cukup menahan Tombol FN pada keyboard kemudian tekan tombol wifi (biasanya ada gambar antena pemancar). Perhatikan gambar di bawah ini.
menekan-tombol-fn


3.     Mengaktifkan WiFi Melalui Taskbar
taskbar-wifiUntuk sahabat yang memakai Windows 7, sahabat bisa langsung menghidupkan WiFi dengan mengklik ikon sinyal yang terdapat di jajaran Taskbar. Tetapi harus diperhatikan ketika akan mengaktifkan WiFi di komputer atau laptop, maka jaringan / sinyal hotspot dipastikan harus sudah aktif / tersedia. Untuk cara mengaktifkan WiFi melalui Taskbar, agar lebih jelas sahabat bisa melihat gambar berikut ini.

Ketika sinyal hostspot sudah tersedia, nanti secara langsung komputer akan mendeteksi jaringan Wireless yang ada. Jika sudah begitu, sahabat tinggal mengklik ikon sinyal seperti gambar diatas lalu klik Connect dan biasanya akan diminta untuk mengisikan Password.

Nah sudah ada 3 cara yang telah disampaikan. Masih adalagi cara untuk mengaktifkan wifi di laptop. Namun tahukah sahabat, ada juga cara menjadikan wifi laptop atau netbook menjadi hotspot?
Baca : Cara Membuat Hotspot
Simak lagi cara lain menghidupkan wifi di komputer atau pun notebook.

4.    cara mengaktifkan wifi di laptop melalui  control panel versi 1
  • Klik Start  > Control Panel
  • Lihat pada bagiaan “Hardware and Sound”, lalu klik pada “Adjust commonly used mobility settings” ; 
  • Maka kira-kira akan tampil tab seperti gambar di bawah ini, selanjutnya anda klik tulisan “Turn wireless on”  untuk mengaktifkan wifi sahabat.
adjust-wireless

5.    Menghidupkan WiFi lewat Control Panel versi 2

Berikut ini cara alternatif mengaktifkan WiFi di Laptop yakni melalui Control Panel. 
  • Untuk komputer Windows 7, sahabat tinggal klik menu Start —> Control Panel.
  • Untuk mengaktifkan WiFi di komputer Windows 8, sahabat tinggal menggeser kursor ke bagian kanan layar lalu pilih menu Setting —-> Control Panel.
  • Setelah itu, buka pilihan Network and Internet.
  • Kemudian, setelah itu pilih menu Network and Sharing Center
  • Selanjutnya, di sebelah kiri layar ada beberapa pilihan. Silakan sahabat pilih Change Adapter Setting
  • Langkah terakhir, sekarang klik kanan pada bagian jaringan yang sahabat gunakan. Lalu klik Connect / Disconnect. Seperti tampak pada gambar di bawah ini. Selesai!
change-adapter-network

6.    Cara mengaktifkan wifi di komputer
Untuk cara ini sebenarnya sama seperti cara di atas, Cuma lebih cepat.  Yaitu masuk ke taskbar.
Kemudian klik “Open Network and Sharing Center”.
Lalu Change adapter setting > pilih dengan klik kanan “Wireless Network Connection” > klik “Connect”


Cara-cara di atas saya peroleh dari beberapa sumber ini dan itu. Demikianlah informasi yang bisa kami berikan mengenai 6 cara mengaktifkan wifi di laptop windows maupun PC. Semoga VersionFull.blogspot.com sebagai blog link download aplikasi ini bermanfaat. Mohon maaf bila ada hal yang masih kurang berkenan. Terima kasih telah berkunjung. Jika berkenan mohon di SHARE ke yang lain yang mungkin membutuhkan. Salam..




0 Komentar untuk "Ada 6 Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop Windows maupun PC"

Jangan cuma dibaca. Tinggalkan komentar juga dong.
Kritiklah tulisan saya tapi mohon beri saran agar lebih baik.
Spam tidak akan direspon.
Bila kesulitan dalam mengirim komentar, tekan tombol "tab" di keyboard beberapa kali agar muncul tombol PUBLISH.

Back To Top