banner ads

Inilah Cara Mempercepat Laptop yang Lemot


VersionFull - Sebal dengan laptop yang lemot alias lambat? Memang kadang hal tersebut terjadi pada sebagian orang yang memiliki laptop a.k.a NoteBook. Apalagi kalau spesifikasi laptop kita rendah alias biasa saja. Hal tersebut juga bisa terjadi pada komputer PC / Desktop. Mungkin juga terjadi pada anda sekarang ini. Makanya anda bisa sampai menemukan tulisan saya yang membahas tentang masalah laptop yang lemot.

Sebenarnya apa ya yang menyebabkan laptop kita jadi lambat? Lalu bagaimana caranya agar laptop gak lemot? Saya tidak mengerti yang sebenarnya karena bukan ahli IT ataupun teknisi komputer. Hanya saja dari yang saya pelajari dari beberapa sumber, mungkin karena RAM kecil. Lalu apa lagi penyebab PC kita lemot?

cara-laptop-gak-lemot-slow

Berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa komputer atau laptop menjadi lambat, silahkan anda baca satu persatu dan coba terapkan tips ini di komputer anda. Karena hal berikut adalah faktor yang umum ataupun sering terjadi.

1.    File temp. yang terlalu besar.
Tahukah anda, ketika kita mengakses Internet melalui komputer kita, maka komputer akan menyimpan beberapa data ke dalam folder temp berupa file temporary Internet. Saat isi folder ini sudah sangat besar, bisa jadi akan memperlambat kinerja komputer anda. Bagaimana cara mengatasinya? Cara yang paling mudah adalah dengan membersihkan folder tersebut memakai software 'CCleaner'. Untuk mendownload ccleaner, buka link berikut => Download CCleaner 

Cara menjalankan mudah dan simple. Install ccleaner yang sudah anda download, buka aplikasi ccleaner, lalu klik analyze, tunggu sampai proses selesai. Setelah itu, untuk membersihkan file temp, klik tombol run cleaner.

membersihkan-pakai-ccleaner-agar-tidak-lambat

** Apabila anda ingin bertanya mengenai file temp. Selengkapnya silahkan anda browsing di situs lain karena saya tidak bisa menjelaskan secara jelas.
2.    Terlalu banyak program yang terinstall
Mungkin saja kita kurang memperhatikan faktor ini. Kita terkadang menginstall software maupun aplikasi yang sekiranya tidak terlalu penting bagi pekerjaan kita. Entah itu ingin mencoba aplikasi atau sekedar iseng. Akibatnya, komputer akan menjalankan banyak sekali program pada saat komputer pertama kali dihidupkan. Jelas ini sangat membebani komputer sehingga membuat komputer atau laptop kita terasa lama saat dihidupkan. Lalau bagaimana cara mengatasinya? Cara mengatasinya sangat mudah, anda bisa uninstall aplikasi yang tidak terlalu penting pada control panel atau mendisable aplikasi tersebut agar tidak berjalan ketika komputer dihidupkan. Atau bisa menggunakan aplikasi Ccleaner tadi. Caranya buka software CCleaner => pilih tab tool => startup => disable aplikasi yang tidak terlalu penting.

Kemudian, anda juga bisa menguninstall program-program tidak jelas yang ada pada komputer anda melalui control panel. Klik Windows, klik Control Panel, klik uninstall program, lalu pilih program yang tidak terpakai untuk di uninstall.

3.    Spesifikasi komputer sudah terlalu jadul Ini adalah kasus yang paling umum. Spesifikasi komputer yang anda gunakan perlu diupgrade agar komputer bisa berjalan lancar. Usahakan komputer anda sudah menggunakan processor dual core dan ram minimal sebesar 2GB.

4.    Spesifikasi komputer lebih rendah dari spesifikasi yang dibutuhkan oleh aplikasi
Jika komputer anda sudah bisa bekerja mulus tetapi pada saat bermain game komputer anda terasa sangat berat dan lambat, itu berarti game yang anda jalankan membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi lagi. Usahakan untuk melihat 'system requirement' game tersebut agar anda bisa membandingkannya dengan kemampuan komputer anda.

5.    Kerusakan pada komponen komputer
Komputer anda bisa melambat kinerjanya jika terjadi kerusakan pada komponen komputer, contohnya pada hardisk. Hardisk adalah komponen yang paling peka. Contohnya adalah hardisk bad sector. Komputer anda akan berjalan sangat lambat sekali jika terjadi kerusakan seperti ini. Solusinya adalah mengganti dengan hardisk baru.

6.    Karena virus
Biasakan untuk selalu mengupdate database antivirus anda untuk menghindar serangan virus yang bisa memperlambat kinerja komputer anda.
Download antivirus Smadav terbaru

Nah demikianlah beberapa penyebab dan cara untuk mengatasi komputer atau laptop yang berjalan lambat. Mungkin beberapa cara di atas pada sebagian orang belum sanggup mempercepat kinerja laptop. Namun tentunya patut dicoba. Mohon anda juga jaga kebersihan komputer anda dengan baik, bersihkan komponen, jangan install sembarang software, update antivirus secara berkala, upgrade komponen komputer dengan komponen yang lebih baik. Dengan begitu komputer anda akan bekerja secara maksimal dan tidak lemot lagi. Semoga tulisan Cara Mempercepat Laptop yang Lemot bermanfaat bagi anda. Salam.




Tag : blog, cara, tips triks
0 Komentar untuk "Inilah Cara Mempercepat Laptop yang Lemot"

Jangan cuma dibaca. Tinggalkan komentar juga dong.
Kritiklah tulisan saya tapi mohon beri saran agar lebih baik.
Spam tidak akan direspon.
Bila kesulitan dalam mengirim komentar, tekan tombol "tab" di keyboard beberapa kali agar muncul tombol PUBLISH.

Back To Top